Kamis, 01 Desember 2016

12 JENIS BURUNG TERCANTIK

Membahas soal jenis burung terindah, pasti sudah tidak asing lagi. Dan warna bulu burung kan, nggak cuman itu-itu aja. Dan kebanyakan burung dengan warna bulu yang cantik itu jenis betet. Tapi, masih ada banyak lagi jenis burung yang lainnya. Mau tahu apa aja jenis-jenis mereka? Yup, let's enjoy this!

1. Betet Hyacinth
Walaupun hanya dominan berwarna biru dengan sedikit kuning di matanya dan sisi paruhnya, burung betet ini juga cantik, kok. Betet Hyacinth hidup di Brazil, Amerika Selatan. Namun sayangnya, sekarang jumlahnya terancam punah karena pembalakan liar dan pengambilan burung ini dari habitat aslinya untuk diperjual belikan. 

2. Merak
Patut dibanggakan, burung merak juga hidup di Indonesia, lho. Bulu ekornya yang hijau dengan warna-warninya tampak matching dengan bulu tubuhnya yang berwarna biru. Cantik-cantik begini, burung merak yang memiliki ekor seperti kipas adalah merak jantan. Sedangkan merak betina bulunya tak secerah jantan. Jadi, kalian harus memanggilnya sebagai burung yang ganteng, bukan burung yang cantik. Hahaha...

3. Pipit Gouldian

Pipit Gouldian, atau dalam bahasa Inggris disebut Finch Gouldian memang benar-benar sejenis burung pipit. Kalian pasti sering terganggu dengan keberadaan burung pipit yang dikenal menjadi musuh para petani, karena burung pipit memang hama padi. Tapi, melihat burung ini, pasti kalian akan terpukau. Yap, bulunya yang berwarna-warni tentu sangat mengundang, bukan?

4. Quetzal
Burung Quetzal? Hmmh... sepertinya namanya agak asing di telinga kalian, ya? Burung ini hidup di hutan Amerika Selatan, dan sepertinya, burung Quetzal juga menjadi inspirasi legenda Quetzalqoatl dalam mitologi Aztec. Yang membuat burung ini cantik ialah warnanya yang mendominasi dan ekornya yang panjang menjuntai sampai 90 cm. Wow, hebat, ya? Jadi, sangat cocok untuk kalian potret jika bertemu dengannya.

5. Jalak Bali
Jalak Bali adalah sejenis burung jalak asli negara kita, Indonesia. Jalak Bali hidup di pulau Bali. Memangnya, apa yang membuat burung ini cantik? Bulunya yang putih dan topeng biru di matanya, membuat kalian gemas terhadapnya. Tapi sayangnya, Jalak Bali ini terancam punah. Penyebabnya adalah pengambilan Jalak Bali untuk diperdagangkan. Hiks, kasihan.

6. Cendrawasih
Burung Cendrawasih juga hidup di negara kita ini. Tepatnya di pulau Papua dan sebagian Papua Nugini. Cendrawasih itu banyak jenisnya, dan yang paling kusukai adalah Cendrawasih Biru, Cendrawasih Kuning Kecil, dan Cendrawasih Kuning Besar. Tapi tetap tidak bisa dipelihara, lho. Namun sebagai ganti penyebab kelangkaan burung ini, Cendrawasih sering diawetkan atau diambil bulunya untuk dijual secara ilegal.

7. Nuri Merah
Bagaimana dengan Nuri Merah? Burung ini memang cukup populer untuk kalangan burung peliharaan. Kalian tertarik untuk memilikinya? Dominasi bulunya yang menarik, yakni merah, kuning, dan biru membuat burung ini semakin cantik saja. Walaupun kicauannya tidak merdu sama sekali, tapi kalian bisa menikmati keindahan bulunya atau mengajaknya bicara.

8. Lovebird
Sepertinya list ini kurang lengkap tanpa adanya Lovebird. Siapa yang tak kenal Lovebird? Burung betet ini memang terkenal di seluruh dunia sebagai peliharaan. Warnanya kontras dan cerah. Biasanya warna burung Lovebird adalah hijau dengan perpaduan kuning, ungu, ataupun biru. Sangat cocok untuk kalian pelihara.

9. Tukan
Warna bulunya memang tidak menarik, dan penampilannya seperti penguin. Tapi, jangan salah dulu. Tukan ini unggul dalam keindahan paruhnya yang unik. Paruhnya tidak hanya berwarna oranye, melainkan ada yang hijau, kuning, atau ditambah perpaduan hitam dan biru dongker. Tetap saja, burung ini tak bisa kalian pelihara. Silahkan nikmati gambar diatas.

10. Flamingo
Burung Flamingo memang terkenal akan keanggunan gerakannya. Juga bulunya yang berwarna merah atau pink. Semakin tua usianya, maka semakin merah bulunya. Cantik, kan? Tidak ada yang memelihara Flamingo, hanya ada di penangkaran. Kalian juga bisa memotret burung cantik ini, atau datang ke penangkaran untuk menyaksikan keindahannya.

11. Macaw
Burung Macaw yang satu ini memang besar dan patut dipuji. Bulunya sangat indah, dan sangat cantik. Dengan campuran warna biru, kuning, dan hijaunya, siapa yang tak suka memandang burung Macaw ini? Memang, burung ini cukup banyak dipelihara, tapi sayangnya, burung ini juga terancam punah.

12. Kolibri
Burung kolibri tidak sebesar burung-burung diatas lainnya. Kolibri sangat kecil, bahkan kakinya saja tidak cukup kuat untuk menopang tubuhnya. Tapi tenang, kalian akan terpukau melihat warna cantik si kecil ini. Biarpun kecil, tubuhnya berwarna-warni. Ada yang merah, hijau, biru, ataupun warna campuran. Memang, tidak bisa dipelihara, tapi setidaknya kalian bisa melihat keindahan burung ini lewat foto diatas.

Wah, ternyata banyak juga burung dengan warna yang cantik. Tapi sayangnya, rata-rata semuanya terancam punah. Jadi, hati-hatilah sebelum memilih burung peliharaan. Jangan sampai nanti kita tidak akan bisa melihat burung-burung ini lagi di alam bebas.

sumber gambar: google.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REVIEW BUKU: HOLY MOTHER BY AKIYOSHI RIKAKO

Judul: Holy Mother Penulis: Akiyoshi Rikako Penerbit: Penerbit Haru Genre: mystery, thriller, crime Rating: 4.9/5 Buku yang ...