Kamis, 21 Juni 2018

MENGENAL LEBIH DEKAT WEREWOLF

Hai, guys. Ada yang kangen? Hehehe. Aku emang jarang post, jadi mohon maaf yah. Jadi di postingan kali ini, aku bakal ngebahas tentang WEREWOLF. Pertama, apa itu werewolf? Kalian pernah dengar tentang werewolf? Kalian tau apa itu werewolf? Berhubung aku suka sama makhluk mitologi, jadi aku share tentang werewolf ke kalian. Aku juga penggemar cerita bergenre werewolf dan vampir sih, hehehe. Bagi yang belum tau, ayo, let's cekidot~


Werewolf itu apaan, sih? Penjelasannya?

Werewolf adalah mitos yang berasal dari Eropa Kuno. Secara harfiah, werewolf adalah "manusia serigala", yaitu manusia yang bisa berubah wujud menjadi serigala (biasanya pada malam bulan purnama, karena pada malam bulan purnama, kekuatan mistik mereka berada pada puncaknya sehingga mereka berubah wujud menjadi serigala). Werewolf biasa juga disebut lycantrophes yang berasal dari kata lykánthropos (λυκάνθρωπος) yang berasal dari bahasa Yunani kuno. λύκος, lýkos (serigala), dan άνθρωπος, anthropos (manusia)
  
Manusia yang sudah berubah menjadi serigala biasanya tidak akan sadar dengan apa yang telah diperbuatnya selama berada dalam wujud serigala. Mereka akan memburu hewan, bahkan manusia, dan sangat menggemari daging mentah. Werewolf gak bisa dibunuh dengan apapun. Saat berubah menjadi serigala, werewolf gak bisa mati, dan gak punya kelemahan. 

Actually, kelemahan werewolf terhadap peluru perak hanyalah tambahan dari cerita-cerita werewolf yang beredar.

Kenapa manusia bisa berubah jadi serigala?
 
Dalam legenda, disebutkan werewolf bisa berubah menjadi serigala saat malam bulan purnama. Itu udah jelas. Namun, ada beberapa penyebab juga yang menyebabkan manusia bisa berubah menjadi serigala tanpa menunggu bulan purnama tiba. Mereka bisa berubah menjadi serigala karena kutukan. Selain itu, mereka bisa berubah menjadi serigala karena memakai jubah kulit serigala. Dan ada juga roh jahat dalam perjalanan astral, bisa berubah menjadi serigala. Aneh juga, ya?

Sebenarnya ada, gak, sih, penjelasan logis mengenai werewolf?

Di masa sekarang, werewolf bisa dijelaskan secara logis. Werewolf bisa saja adalah seorang penderita rabies yang daya sensitivitasnya meningkat pada malam hari. Dan ada juga penyebab lainnya yang menyebabkan manusia bisa menjadi serigala. Halusinasi. Yap, halusinasi. Kayaknya agak kurang logis kalo manusia beneran jadi serigala sih, hehehe. 

Ini disebut lycantrophy, yaitu gangguan jiwa yang menyebabkan penderitanya merasa menjadi hewan, diubah menjadi hewan, atau bahkan dikejar-kejar hewan. Lycantrophy biasanya disebabkan oleh racun ergot. Racun ergot ini berasal dari jamur Claviceps di purpurea yang terdapat pada gandum. Yang doyan makan roti rye hati-hati nih. Racun ini menyebabkan halusinasi mengerikan, yang mana seperti penjelasan di atas (merasa menjadi hewan, diubah menjadi hewan, atau dikejar-kejar hewan).

Racun ergot bisa menyebabkan kematian, lho, guys. Namun, ada juga yang cacat seumur hidup. Pernah ada kasus keracunan ergot terjadi di Pont St. Esprit di Rhone Valley pada tahun 1951. Korbannya lebih dari 300 orang, lho. Lima orang meninggal, dan sisanya cacat seumur hidup. Yang cacat mengaku bahwa mereka mengalami halusinasi mengerikan. 

Ada pria mengaku otaknya dimakan segerombolan ular merah. Ada yang sanggup membebaskan diri dari jaket pengikat orang gila sampai tujuh kali, giginya rontok karena menggigit tali pengikat sampai putus, dan mampu membengkokkan dua teralis besi di rumah sakit. O_O alasannya, pria itu merasa dikejar-kejar oleh harimau. Amazing memang~

Selain itu, ada juga "dorongan bebas fisik" yang menjelaskan werewolf secara logis.

Bosen sama legenda mulu. Ada gak versi werewolf dalam cerita atau karangan?

Pasti buanyak buanget versinya, hehehe. Biasanya bisa kalian temukan di Wattpad. Dan aku juga termasuk salah satu penulis yang nulis cerita werewolf beginian, hehehe. Malah jadi promosi :V werewolf di cerita-cerita agak sedikit berbeda dari legendanya. Mereka kebanyakan mirip dengan serigala di dunia nyata. Jujur aja, aku lebih suka sama versi ceritanya ketimbang versi legendanya.

PS: dari beberapa cerita, biasannya werewolf ini berwujud seperti serigala biasa di dunia nyata dan gak berwujud manusia yang berbulu serigala. Namun, werewolf ini ukurannya jauh lebih besar ketimbang serigala biasa.

Werewolf yang ini punya kelemahan, beda jauh dengan versi legendanya. Mereka lemah dengan perak dan tumbuhan wolfsbane. Wolfsbane (Aconitum Variegatum) sendiri adalah sejenis tumbuhan beracun yang mengandung racun pseudaconitine alkaloid. Kalau werewolf lemah dengan wolfsbane, sementara vampir lemah dengan vervain

PS: padahal dulu aku sempet ngira tanaman wolfsbane itu cuman fiksi loh guys. Eh, taunya beneran ada :V

Werewolf yang ini memang manusia biasa dan bisa berubah menjadi serigala kapan saja. Tapi mereka gak dikutuk atau menderita lycantrophy dalam berubah menjadi serigala. Sebenarnya, mereka memiliki jiwa lain dalam tubuh mereka yang berwujud serigala, dan bisa berubah kapan saja. Pergantian manusia menjadi serigala atau serigala menjadi manusia ini disebut shift. Dan menariknya, serigala yang berada dalam tubuh mereka bisa diajak ngomong dan punya nama sendiri.

Misalnya, manusianya bernama Jesse dan serigalanya bernama Ace. Atau, manusianya bernama Rosa dan serigalanya bernama Iris. Btw, itu tokoh ceritaku yang di Wattpad, HAHAHA. 

Komunikasi antara manusia dan serigalanya disebut mind-link, alias telepati untuk kaum werewolf. Mind-link juga bisa digunakan untuk berbicara dengan werewolf lainnya. Ada sebutan untuk werewolf laki-laki dan werewolf perempuan. Untuk istilah-istilah lebih lengkapnya, silakan lihat di bawah ini:

Alpha: Alpha adalah raja atau pemimpin kaum werewolf. Sistem pemerintahannya melalui keturunan, seperti sistem pemerintahan raja-raja kebanyakan. 

Luna: Luna adalah pendamping Alpha alias ratu kaum werewolf.

Beta: Beta adalah pemegang kekuasaan kedua setelah Alpha, alias wakilnya Alpha. Ibaratkan aja Alpha itu sebagai raja, dan Beta sebagai perdana menterinya.

Gamma: Gamma adalah pemegang kekuasaan ketiga setelah Beta dan bertugas melatih werewolf lain.

Delta: Delta adalah pemimpin setelah Gamma.

Omega: Omega adalah werewolf berstatus paling rendah. Biasanya hanya berperan sebagai kacung, pelayan, atau pembantu. Puk puk omega T_T

Warrior: Warrior adalah werewolf prajurit dalam suatu pack.

Elder: Elder adalah tetua dalam kaum werewolf.

Pack: Pack atau klan adalah wilayah teritorial kaum werewolf. 

Mind-link: Mind-link adalah komunikasi telepati antara manusia dengan serigalanya atau antar werewolf. 

Hewolf: Terdiri atas kata he dan wolf. Hewolf adalah werewolf laki-laki. 

Shewolf: Terdiri atas kata she dan wolf. Shewolf adalah werewolf perempuan. 

Wolf: Wolf adalah wujud serigala yang berada dalam tubuh seorang werewolf dan bisa mengambil alih wujud manusianya sewaktu-waktu.

Shift: Shift adalah pergantian wujud dari manusia ke serigala atau serigala ke manusia.

Mate: Mate adalah belahan jiwa atau pasangan werewolf. Mate hanya ada satu dan akan dijaga sampai mati. Bila mate mati, maka mate yang ditinggalkannya akan semakin melemah dan bisa saja mati. Setia amat sih :) tapi, kalo Moon Goddess berkehendak, seorang unmated wolf bisa saja punya mate lagi.

Reject: Reject adalah memutuskan hubungan antar mate. Biasanya kata-katanya begini, ehmmm ... "I'm Christopher Lawrence, Alpha of Greymoon Pack, reject you, Alice Stevenson, as my mate." Di reject, di reject, di reject ajaaaaaa~

Unmated wolf: Unmated wolf adalah werewolf yang udah gak punya mate. Bisa karena mate-nya mati atau di-reject. Yang jomblo merasa tersakiti gak ya? Hehehe^^

Mating: Mating adalah penandaan mate. Mate perempuan akan ditandai oleh mate laki-laki dengan cara menggigit lehernya untuk menandai bahwa perempuan itu sudah ada yang punya. Untuk memperkuat hubungan, kedua mate akan melakukan mating dengan cara bersetubuh. O_O

Heat: Heat adalah saat manusia serigala merasakan keinginan yang sangat besar untuk berhubungan seksual. Biasanya sangat sulit untuk ditahan, dan khususnya terjadi pada shewolf. Wadooooww!

Moon Goddess: Moon Goddess adalah Dewi Bulan (Selena. Bukan Selena Gomez atau Selena Claire di ceritaku, bebebnya si Saikofak Enjel :V). Moon Goddess alias Selena ini adalah Tuhan atau sesembahan kaum werewolf.

Nah, segitu dulu, ya. Udah paham kan tentang werewolf? Apakah ada di antara kalian yang abis baca postingan ini langsung kepengen jadi werewolf? Aku? Aku pengen punya wolf satuuuu aja, terus punya mate T_T

2 komentar:

  1. Wahhh membantu banget kak. Salam kenal ya, btw aku juga fell in luv with jk hahaha. Kaget dong bisa ketemu blogger sekaligus penulis wattpad yang bahasanya asik dan suka jk juga:v oyaaa, nama wattpad nya apa kak? Ayo kita berteman!

    BalasHapus
  2. Halo, aku tertarik nulis tentang werewolf. Kalau pendamping alpha disebut "mate", nah kalau pendamping beta, gamma, dan yang lain juga disebut "mate" atau beda lagi? Mohon jawabannya. Terima kasih.

    BalasHapus

REVIEW BUKU: HOLY MOTHER BY AKIYOSHI RIKAKO

Judul: Holy Mother Penulis: Akiyoshi Rikako Penerbit: Penerbit Haru Genre: mystery, thriller, crime Rating: 4.9/5 Buku yang ...