Jumat, 30 Desember 2016

10 JENIS DINOSAURUS PALING FAMOUS


Hayo, siapa yang udah pernah ketemu sama dinosaurus? Hehehe, yang gak pernah lah. Aku aja nggak pernah. Sorry, cuman bercanda. Kalo gitu, siapa yang udah tahu jenis-jenis dinosaurus?Jenis dinosaurus paling terkenal? T-Rex, dong. Siapa lagi?Aku sih, sebetulnya hafal nama-nama dinosaurus, bentuknya, ataupunmakanannya.Tapi sekarang, aku bahas aja deh, 10 jenis yang paling terkenal, paling ngetop, paling dikenang dan akan selalu hidup dalam kenangan kita sebagai reptil yang hebat *lebay banget, kangen loe ama dino?*.Iya, aku kebanyakan ber-kha-yal, ya? Yoi, bro, sis,ayo dibahas!

1.    Brontosaurus

Brontosaurus, atau sering disebut dengan nama lain Apatosaurus adalah sejenis dinosaurus dari bangsa sauropoda, yang berarti dinosaurus berleher panjang pemakan tumbuhan. Badan bongsornya dan leher panjangnya sudah sangat terkenal. Sebenarnya, ada banyak dinosaurus lain yang berbentuk sejenis dengannya, seperti Diplodocus, Brachiosaurus, dan Alamosaurus. Nama Brontosaurus didapatkan karena suaranya yang seperti guntur. Ada juga mamalia yang hidup setelah dinosaurus yang memiliki nama serupa, yakni Brontotherium.

2.    Tyrannosaurus Rex

Tyrannosaurus Rex, atau yang lebih kita kenal dengan T-Rex adalah dinosaurus dari bangsa therapoda, yakni dinosaurus besar pemakan daging. Tyrannosaurus Rex sendiri berasal dari kata tiran, yang berarti “Kadal yang Kejam”. Sesuai dengan namanya, T-Rex adalah karnivora yang rakus dan bersenjatakan gigi tajam dengan cakar kaki belakangnya yang kuat. Kedua lengan kecilnya masih dipertanyakan, apakah memiliki fungsi atau tidak.

3.    Velociraptor

Velociraptor adalah dinosaurus karnivora kecil yang berasal dari bangsa deinonychus, bangsa karnivora kecil dengan cakar tajam. Velociraptor adalah dinosaurus yang sangat gesit dan biasanya berburu dalam kelompok ataupun sendiri. Pada masa awal Velociraptor, kadal ini adalah hewan berbulu dan berukuran kecil. Seiring berkembangnya waktu, Velociraptor berevolusi menjadi lebih besar dan tanpa bulu. Velociraptor memiliki cakar tajam di tumitnya yang melegenda.

4.    Pterodactyl

Pterodactyl adalah reptilia terbang yang memiliki rentang sayap lebar dan ekor panjang. Makanannya adalah ikan dan ia tinggal di tebing-tebing curam tengah laut.

5. Triceratops
Dinosaurus bertanduk yang satu ini masuk ke dalam bangsa Triceratops, seperti namanya yakni dinosaurus bertanduk. Makan tumbuhan dan tanduknya digunakan untuk mempertahankan diri.

6. Plesiosaurus
Plesiosaurus memang seperti Nessie, tapi ia adalah reptilia laut dari zaman prasejarah. Termasuk karnivora dan suka makan ikan juga hewan lainnya.

7. Stegosaurus
Stegisaurus adalah dinosaurus herbivora dengan bilah-bilah di punggung yang bisa mengatur tubuhnya. Ekornya bisa dipakai sebagai senjata.

sumber gambar: google.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REVIEW BUKU: HOLY MOTHER BY AKIYOSHI RIKAKO

Judul: Holy Mother Penulis: Akiyoshi Rikako Penerbit: Penerbit Haru Genre: mystery, thriller, crime Rating: 4.9/5 Buku yang ...