Kamis, 17 November 2016

5 TUMBUHAN YANG TERANCAM PUNAH DI INDONESIA

Apakah diantara kalian ada yang memelihara tumbuhan langka? Atau ada yang punya tumbuhan karnivora? Di Indonesia ini, kita memiliki beragam jenis tumbuhan. Ada yang langka ada yang tidak. Yang langka itu, yang pengen aku tampilin di postingan kali ini. Biasanya, tumbuhan-tumbuhan ini menjadi langka karena penggunaan tumbuhan yang berlebihan, juga tumbuhan yang diambil dari habitat asalnya untuk diperjual belikan dan dipelihara. Okelah kalau begitu... nih, dilihat dulu...

1. Rafflesia Arnoldii
Rafflesia Arnoldii. Pasti kalian sudah tahu jika bunga bongsor cantik ini terancam punah. Dan asal tahu saja, bunga ini memiliki berat sekitar 9 kg dan diameter mencapai 1 meter. Wow! Yap, Rafflesia Arnoldiii memang pantas menyandang gelar sebagai bunga terbesar di dunia. Bunga ini memiliki bau busuk seperti bangkai, dan tidak memiliki tangkai. Tapi sayangnya, bunga ini sangat langka. Rafflesia hidup di Bangka Belitung. Bunga ini menjadi langka karena kuncup bunga ini seringkali diambil untuk dipergunakan sebagai obat. Apalagi, Rafflesia tidak bisa dikembang biakkan diluar habitat aslinya.

2. Amorphophallus Titanium
Amorphophallus Titanium atau yang sering kita sebut sebagai bunga bangkai ini juga menyandang gelar sebagai bunga terbesar di dunia. Bunga ini berbentuk seperti terompet dan memiliki bau bangkai guna menarik minat lalat dan serangga untuk penyerbukannya. Bunga ini bisa menjulang tinggi setinggi 2 meter di atas tanah. Bunga ini hanya mekar selama 7 hari sebelum layu dan mati, seperti Rafflesia yang hanya mekar beberap hari saja. Saat mekar, terjadi pembuahan. Akan tetapi, jenis bunga jantan dan betina tidak mekar bersamaan. Sehingga, tidak ada penyerbukan sendiri. Mungkin, itulah faktor penyebab Amorphophallus Titanium menjadi langka keberadaannya.

3. Nepenthes
Nepenthes adalah nama yang dimiliki oleh tumbuhan karnivora indah bernama kantong semar. Nepenthes bisa memerangkap serangga di dalamnya. Namun, tumbuhan ini tidak hanya menyenangi serangga sebagai makanannya. Tumbuhan sejenis yang lebih besar bisa memangsa tikus. Hiiih... akan tetapi, keberadaan si cantik nan ganas ini juga terancam punah, lho. Di Indonesia, Nepenthes hidup di hutan Tangkuban Perahu, Jawa Barat. Ia hidup di tempat yang miskin akan unsur nitrogen. Penyebab kelangkaannya adalah seringnya tumbuhan ini diambil dari habitat aslinya untuk dipelihara. Apakah untuk membasmi nyamuk? Hahaha... karena terlalu sering diambil untuk dipelihara, maka tumbuhan ini menjadi terancam punah.

4. Cendana
Cendana adalah tumbuhan yang sering dibuat kerajinan mebel. Patung, lemari, kursi, banyak yang dibuat dari kayu pohon cendana. Pohon cendana juga memiliki wangi yang khas. Inilah sebab kenapa kayu cendana mahal. Dan karena hal itu, pohon cendana banyak sekali ditebang untuk kemudian dijual. Kelangkaan pun terjadi.

5. Damar
Pohon damar adalah pohon yang juga termasuk terancam punah. Getah pohonnya juga sering sekali dipakai. Getah ini juga terbilang kuat. Apa mungkin itulah penyebab pohon damar terancam punah? Mungkin ya.

sumber gambar: google.co.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REVIEW BUKU: HOLY MOTHER BY AKIYOSHI RIKAKO

Judul: Holy Mother Penulis: Akiyoshi Rikako Penerbit: Penerbit Haru Genre: mystery, thriller, crime Rating: 4.9/5 Buku yang ...