Sabtu, 12 November 2016

5 HEWAN YANG TERANCAM PUNAH DI INDONESIA

Hai, kali ini aku kirim postingan tentang hewan yang terancam punah di Indonesia. Well, ternyata cukup banyak juga hewan-hewan yang terancam punah dari negara kita ini. Walaupun tidak semua satwa endemik Indonesia dalam status rentan atau terancam punah, sih. Hal ini biasanya disebabkan oleh perburuan liar, pembukaan lahan pertanian, perubahan iklim, dan persaingan dalam perebutan makanan. Baiklah, kalau begitu silahkan dibaca.

1. Harimau Sumatra
Seperti yang kita ketahui, harimau Sumatra memang sudah dalam ambang kepunahan. Jumlahnya hanya tinggal puluhan ekor saja di alam bebas. Puluhan ekor pun tidak sebanyak yang kita bayangkan. Paling, hanya tersisa 20 atau 30-an saja. Harimau Sumatra menjadi sangat langka keberadaannya karena perburuan liar. Harimau ini diburu untuk diambil kulitnya untuk dijadikan hiasan, pajangan, atau dijadikan pakaian. Sebenarnya, masih ada harimau lain dari Indonesia. Contohnya, harimau Jawa yang sudah sangat langka sekali, dan harimau Bali yang benar-benar sudah punah.

2. Burung Cendrawasih
Burung cendrawasih ini juga langka keberadaannya. Burung cendrawasih hidup di pulau Papua dan negara Papua Nugini. Bulunya yang indah membuat banyak orang ingin memburunya. Burung cendrawasih yang malang ini menjadi langka karena perburuan liar dan penebangan hutan. Burung cendrawasih juga menjadi langka disebabkan karena perburuan untuk diambil kulitnya atau tubuhnya diawetkan, kemudian dijual secara ilegal. Populasi burung ini juga menurun karena reproduksinya yang sangat lambat sehingga mereka sulit berkembang biak seperti populasi normalnya.

3. Komodo
Komodo merupakan satwa asli Indonesia yang hanya hidup di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Komodo sendiri adalah seekor kadal raksasa yang bisa tumbuh sepanjang 2 meter sepanjang 5 tahun. Sebenarnya, faktor penurunan populasi komodo sampai berada di ambang kepunahan bukanlah disebabkan oleh manusia. Melainkan faktor alam. Komodo semakin menurun populasinya karena persaingan dalam perebutan makanan. Komodo semakin tersisihkan karena hal ini. Maka, komodo termasuk hewan yang dilindungi.

4. Jalak Bali
Jalak Bali hanya hidup di pulau Bali seperti namanya. Burung ini sangat indah dan eksotis, sehingga mengundang orang untuk memburunya. Kicauannya sangat merdu juga. Tidak seperti ketiga hewan yang ditampilkan diatas, jalak Bali tidaklah diburu untuk dibunuh, melainkan untuk dipelihara. Bahkan, sejak dahulu kala, burung ini sudah diburu untuk dipelihara sehingga sekarang burung jalak ini menjadi sangat langka. Untungnya, sekarang jalak Bali menjadi hewan yang dilindungi oleh pemerintah.

5. Orang Utan
Orang utan juga termasuk hewan langka yang terancam punah. Kera besar ini hidup di Sumatra dan Kalimantan. Dan faktor penyebab kelangkaannya adalah perburuan liar, seperti biasanya. Hutan tempatnya tinggal juga ditebang dan dibakar. Jadi, tidak ada lagi pohon untuk dijadikan tempat tinggalnya. Tragisnya lagi, orang utan juga diburu untuk dibunuh. Kebanyakan orang ingin memelihara orang utan seperti halnya jalak Bali. Biasanya, yang dipelihara adalah anak orang utan dan dipisahkan dari induknya. 

sumber gambar: google.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REVIEW BUKU: HOLY MOTHER BY AKIYOSHI RIKAKO

Judul: Holy Mother Penulis: Akiyoshi Rikako Penerbit: Penerbit Haru Genre: mystery, thriller, crime Rating: 4.9/5 Buku yang ...