Jumat, 03 Maret 2017

7 TANAMAN KARNIVORA PALING MEMATIKAN

Tanaman karnivora? Apa kalian pernah mendengarnya? Atau jangan-jangan kalian memelihara tanaman karnivora di rumah? Well, itu nggak penting. Tapi, apakah tanaman karnivora itu? Tanaman karnivora adalah tanaman yang tidak bisa berfotosintesis sendiri dan biasanya hidup di tempat yang minim akan nitrogen. Mereka biasanya akan memakan serangga untuk memenuhi kebutuhan nitrogen mereka. Dan apa sajakah jenis-jenis tanaman karnivora tersebut? Berikut ulasannya:

1. Dionaea Muscipula
Dionaea Muscipula atau biasa disebut Venus Flytrap ini adalah salah satu tanaman karnivora yang terkenal dan banyak menginspirasi game maker serta produser film. Tanaman yang satu ini bisa menangkap serangga yang masuk ke dalam perangkap mulutnya, setelah itu mencernanya secara perlahan.

2. Nepenthes
Nepenthes adalah tanaman karnivora yang masuk ke dalam jenis Pitcher Plant. Dan uniknya, Nepenthes memiliki sebuah katup perangkat di atas kepalanya. Saat ada serangga jatuh ke dalam lubangnya, maka katupnya akan tertutup dan ia mulai mencerna makanan. Tanaman ini juga sering disebut kantong semar atau cangkir monyet.

3. Darlingtonia
Darlingtonia adalah tanaman karnivora yang hidup di Amerika Utara. Yang dibilang unik adalah, Darlingtonia memiliki tubuh yang berbentuk seperti ular kobra dan memiliki perangkap.
Tanaman ini hidup di daerah perairan.
4. Sarracenia
Sarracenia adalah tanaman karnivora yang berbentuk tabung yang menjulang tinggi sampai satu meter. Sarracenia juga memiliki katup, sama seperti Nepenthes. Serangga yang mendatanginya akan tertarik dengan warna tanaman ini dan baunya yang menggoda, sehingga Sarracenia dengan mudah memangsanya.

5. Utricularia
Utricularia adalah tanaman dari jenis Bladderworts yang hidup di air. Makanannya adalah serangga yang hidup di sekitar perairan, dan terkadang ikan yang lewat.

6. Pinguicula
Pinguicula atau sering disebut dengan Butterworts adalah tanaman karnivora yang memiliki perangkap berupa tubuh yang lengket seperti mentega dan serangga yang hinggap di situ akan dimangsanya.

7. Drosera
Drosera atau sering disebut dengan nama Sundew atau embun matahari adalah tanaman karnivora yang menjebak mangsanya dengan bintik-bintik lengket yang ada di ujung tentakelnya. Drosera adalah tanaman yang bisa bergerak dan akan menangkap mangsanya dengan cara menggerakkan tentakel-tentakelnya.

Wow, bagaimana, menakjubkan sekaligus mematikan, bukan, tanaman karnivora diatas?

sumber gambar: google.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REVIEW BUKU: HOLY MOTHER BY AKIYOSHI RIKAKO

Judul: Holy Mother Penulis: Akiyoshi Rikako Penerbit: Penerbit Haru Genre: mystery, thriller, crime Rating: 4.9/5 Buku yang ...