Kamis, 23 Februari 2017

FAKTA-FAKTA KOMODO



Hai, semuanya! Setelah membahas fakta dan seluk-beluk tentang serigala, sekarang, aku tertarik untuk membahas tentang fakta dan seluk-beluk komodo. Komodo? Kalian tentu tahu komodo, bukan? Ya, satwa endemik Indonesia yang terancam punah ini memiliki fakta dan keunikan yang menarik untuk dibahas, lho. Buat kalian yang cuma tahu itu-itu aja tentang komodo, aku berniat membagi informasi ini kepada kalian. Silakan disimak, semuanya!

FAKTA UMUM MENGENAI KOMODO


-       Komodo termasuk reptilia seperti kadal, cicak, tokek, dan semacamnya.

-       Komodo merupakan hewan reptil yang terbesar dibandingkan yang lainnya.

-       Komodo hanya hidup di Indonesia dan tidak dijumpai di negara lain, bahkan tidak dijumpai di wilayah Indonesia yang lain. Komodo hanya hidup di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

-       Komodo termasuk hewan karnivora, yakni hewan pemakan daging. 

-       Air liur komodo mengandung sejumlah bakteri berbahaya yang mampu melumpuhkan bahkan membunuh siapa saja, termasuk manusia. Jika komodo sedang mengejar mangsanya dan mangsanya tergigit oleh komodo, maka ia tak akan bertahan lama. Mangsanya akan lumpuh di tempat dan komodo siap memangsanya.

-       Komodo gemar memangsa kijang, babi hutan liar.

-       Satu hal yang mengerikan, komodo juga hewan kanibal seperti ikan lele. Komodo akan memangsa jenisnya sendiri jika ada faktor tertentu yang menjadi pemicunya.

-       Komodo berasal dari kelompok biawak yang merupakan kelompok kadal karnivora.

-       Komodo bisa mencapai panjang hingga tiga meter.

KOMODO DALAM FIKSI ILMIAH


Komodo biasa disebut dengan “Komodo Dragon” atau “Naga Komodo”. Karena mungkin, orang zaman dahulu yang melihat komodo menganggap hewan itu seperti naga. Mungkin, dari sinilah mitos naga muncul. Namun bedanya, naga adalah reptil besar bersayap kelelawar dan mampu menyemburkan api. 

Nah, sudah puas dengan informasi tentang komodo diatas, kan? Semoga bermanfaat, ya.

sumber gambar: google.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REVIEW BUKU: HOLY MOTHER BY AKIYOSHI RIKAKO

Judul: Holy Mother Penulis: Akiyoshi Rikako Penerbit: Penerbit Haru Genre: mystery, thriller, crime Rating: 4.9/5 Buku yang ...